Minggu, 02 Oktober 2011

Senandung Lagu Cinta

Senadung lagu cinta, tercipta untukmu...

Di suatu pagi yang cerah ketika aku asyik meluncur dengan si Celi untuk beragkat ke kantor "Gubrak" aku menabrak pohon, aku berpapasan dengan seorang lelaki, padahal lelaki itu wajahnya biasa saja, sejak kapan levelku jadi turun? Ku ceritakan hal ini pada temanku di Yahoo Messenger, dia bilang: "Lo segh yang terbayang wajah si Aa mulu, udah bilang aja langsung, biar dia tau perasaan lo".

Mungkin karena orang di sekelilingku sering mengaitkan aku dengannya, aku jadi terbawa perasaan padanya, anehnya pernah ketika membeli bensin, pegawai bensin yang melayani bernama dia, terus ketika aku membaca novel Terminal Cinta Terakhir ada nama dia (novelnya tidak aku baca lagi karena terlalu vulgar), Irjen Polisi yang sering aku lihat di televisi bernama dia, kemudian ada salah satu pengamat sepak bola yang sedang berbicara di televisi bernama dia, lebih lucu lagi ketika aku menonton OVJ, si Sule yang sering memakai namaku itu sudah biasa tapi kebetulan sekali saat itu si Olga memakai nama dia.

Sepertinya nama tersebut memang sudah menjadi syndrome dalam hidupku, "Ya Allah, kenapa namanya ada di sekitarku? Kenapa aku jadi jatuh cinta padanya ya?". Mereka semua sering mengingatkan aku padanya, bahkan ketika dia mengupload foto bersama wanita, tiga orang yang laporan padaku mengenai hal itu dan menanyakan apakah aku cemburu atau tidak, masya Allah. Untuk apa aku cemburu pada sesuatu yang bukan hakku.

Perasaan ini persis ketika aku menyukai seseorang, yang kemudian namanya ada di mana-mana, namun aku harus patah hati karena ternyata dia telah beristri, aku menyukainya karena kepintaran dan sikap bijaknya, subhanallah "Uhibbuka lillah". Atau ketika dulu aku menyukai adik kelasku bernama Wildan, berawal karena dia mengucapkan "Assalamu'alaikum Teh" jadi tidak salah jika ada ungkapan "Love at the first sight", awalnya hanya aku yang menikmati sendiri kebahagian mencintainya, tetapi sahabatku Fatya yang juga temannya menyampaikan tentang perasaanku itu.

"Gayung bersambut" hingga pernah terjalin komunikasi yang sedikit melibatkan perasaan aku dan dia, akupun pernah berlebaran di Kota Pontianak karena temanku Mega mengajakku untuk mudik ke kota kelahirannya yang kebetulan itu adalah kampung halaman adik kelasku itu, dan ketika liburan sekolah akan berakhir secara tidak sengaja dalam perjalanan pulang kami berada di kapal yang sama. Ketika aku betemu dengannya di kapal, jantungku berdegup kencang, meskipun aku dan dia tidak mengobrol berdua, tetap saja aku tidak bisa berkutik, sesekali aku melihat wajahnya namun harus menunduk malu ketika pandangan kami beradu, seperti ada yang menusuk jantungku. Tapi karena banyak faktor yang membuat kami pada akhirnya tak pernah menjalin hubungan yang istimewa.

Berbicara soal cinta adalah berbicara soal hati dan perasaan, terkadang rasio tidak mampu menyimpulkan sesuatu yang terjadi karena reaksi cinta. Hakikatnya cinta adalah sebuah totalitas, di mana gagasan, emosi dan tindakan bergabung menjadi satu kesatuan yang utuh dan bekerja secara tim untuk kebahagiaan dan kebaikan orang yang dicintai. Seperti kata Serial Cinta:

Ukuran integrasi cinta adalah ketika ia bersemi dalam hati, terkembang dalam kata, terurai dalam laku. Kalau hanya berhenti dalam hati itu cinta yang lemah dan tidak berdaya, kalau hanya berhenti dalam kata itu cinta yang disertai kepalsuan dan tidak nyata, kalau cinta sudah terurai jadi laku cinta itu sempurna seperti pohon; akarnya terhujam dalam hati, batangnya tegak dalam kata, buahnya menjumbai dalam laku. Persis seperti iman, terpatri dalam hati, terucap dalam lisan, dan dibuktikan oleh amal.

Oleh sebab itu cinta tidak cukup hanya gagasan dan emosi saja tapi harus dibuktikan dalam tindakan nyata. Dan untuk menjadi pencinta sejati kita harus memiliki kepribadian yang kuat dan tangguh, karena orang-orang dengan kepribadian yang lemah tidak dapat mencintai dengan kuat. Mencintai membutuhkan perjuangan untuk mengembangkan kualitas cinta itu sendiri, dan hanya orang-orang yang berkepribadian kuat dan tangguh yang dapat merealisasikan senandung lagu cinta yang ia rasakan.